Laman

Sabtu, 18 Februari 2012

TAHUKAH SAUDARA..!!??

Umur dunia sudah semakin tua,aku harap kita bisa menyikapinya dg hal-hal positif yg mengarah pada bagaimana kita menjalani hidup yg sesuai dg perintahNya.Nah,disini saya mencoba membantu untuk merenungi kehidupan kita,apalagi dijaman yg sudah rusak akhlak manusia dalam segala bidang kehidupan..

                 "LARANGAN MEMBUAT TATO"                                          Zaman telah banyak berubah,gaya hidup dan modepun terus mengalami perputaran. Sebagai umat islam kita tidak boleh mengikuti mode pakaian dan cara hias secara buta. Seorang muslim harus punya batas2 yg harus dijaga,jangan sampai melanggar ketentuan agama,contohnya trend berhias dg TATO,sebagaimana hadist dibawah ini: Dari Abdullah bin Mas'ud ra. Rasulullah bersabda," Allah melaknat wanita yang membuat tato(pada kulitnya)dan yang meminta dibuatkan tato,yg mencukur alisnya dan wanita yang meminta direnggangkan giginya untuk mempercantik diri,yg mereka semua merubah ciptaan Allah."(Muttafaqun'Alaih).
             "HARAM MUSLIMAH MENIKAH DENGAN NON MUSLIM"      Islam melarang seorang muslimah menikah dg laki-laki nonmuslim,baik laki-laki itu ahli kitab atau bukan. Apapun alasannya,pernikahan itu tidak diperbolehkan. Firman Allah swt" Dan janganlah kalian nikahkan laki-laki musyrik sebelum mereka beriman."( QS Al-Baqarah:221). Berbeda dg wanita muslimah,seorang laki-laki muslim boleh menikah dg wanita Yahudi atau Nasrani. Hal ini dikarenakan Islam memandang laki-laki sbg pemimpin dalam rumah tangganya.
                 "HATI MANUSIA TERDIRI DARI EMPAT JENIS"
Hati manusia terbagi menjdi empat jenis yaitu kafir,munafik,dan separuh beriman separuh munafiq. Abu Daud meriwayatkan dlm suatu riwayat yg dipetik oleh Huzaifah bin Nu'man,ia berkata" Semua hati terbagi kepada empat jenis,hati yg tertutup,yaitu hati bagi orang-orang kafir. Hati yg ibarat buah kedondong,baik(halus)pd luarnya,tetapi dalamnya berduri,yaitu hati bagi orang-orang munafiq. Hati yg suci didalamnya hanya ada lampu yg bercahaya,maka itulah dia hati orang-orang mukmin,dan terakhir hati yg diibaratkan sebatang pohon dimana air yg bersih mengalir keakarnya. Dan separuh yg munafiq lagi bagaikan luka yg mengeluarkan air dalam bentuk nanah dan darah. Maka diantara air yg bersih dan yg kotor saat dicampur,sudah tentu berlaku hukum yg banyak mengalahkan sedikit."
                "PERINTAH MENGHADIRI UNDANGAN"
Mungkin diantara kita ada yg memandang bahwa undangan yg diberikan oleh seorang teman,kerabat atau tetangga kita tidaklah penting untuk dihadiri,baik walimah nikah,khitan atau undangan lainnya. Hal itu salah,karena Rasulullah saw menyuruh umatnya untuk menghadiri undangan dari orang yg mengundang kita,kecuali undangan untuk berbuat musrik,seperti undangan perayaan hari besar umat lain. Rasulullah saw bersabda," Hadirilah undangan jika kalian diundang."(HR. Bukhari, Muslim dan Tarmizi).  
              "JUM'AT ADALAH HARI RAYA PENGHUNI SURGA"
Di akhirat,lebih khususnya suasana di surga nanti juga memiliki hari2 sbg petanda waktu seperti di dunia. Kalau di dunia hari dimulai Ahad,di surga nanti dimulai hari Jum'at. Setiap hari para ahli surga akan saling mengunjungi. Puncaknya adalah pd hari jum'at dimana hari itu merupakan hari raya para penghuni surga. Sebab pd hari itu merupakan hari yg dikhususkan untuk menemui Allah swt(diambil dari rujukan kitab Al-Jauhar Al- Mauhub).                                                                                                                        
               "ISLAM MENGHARAMKAN PATUNG"
Banyak umat islam yg didalam atau didepan rumahnya diletakkan patung2. Padahal, Islam mengharamkan umatnya meletakkan patung didalam rumah,apalagi jika patung itu merupakan sosok yg diagungkan seperti tokoh idola atau patung yg dipercaya membawa hoki atau keberuntungan. Padahal,patung tersebut justru menyebabkan larinya malaikat dari rumah. Rasulullah saw bersabda," Sesungguhnya malaikat tidak masuk ke rumah yang ada patung-patungnya."(HR. Bukhari dan Muslim dengan redaksi Muslim).
"RASULULLAH SAW LAKNAT SEPULUH GOLONGAN KARENA KHAMAR
Khamar adalah minuman yg diharamkan dalam islam,karena minuman ini bisa membuat orang mabuk,sehingga memudahkan terbuka pintu-pintu kemaksiatan lain bagi orang tersebut. Bukan hanya peminum saja yg dilaknat,tapi semua yg terkait dengannya. Rasulullah saw bersabda" Dalam masalah khamar terdapat sepuluh golongan yg dilaknat karenanya,yaitu penolongnya,pembuat(pemeras)nya,orang yang menyuruh membuat(memeras),penjual,pembeli,pembawa,yg dibawakan,pemakan hasil penjualan,peminum,dan pemberi minumnya."(HR IBNU MAJJAH)

Tidak ada komentar: